MULYA iSYAFRIANI, - (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SANGGAR CAHAYA RATU DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN DI PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (822kB) |
||
|
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB V.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Sanggar cahaya ratu merupakan salah satu Sanggar tari yang masih aktif sampai saat ini dan berada di Pekanbaru, Yang diresmikan pada tahun 2019 tepatnya pada tanggal 17 Februari 2019. Di daerah Pekanbaru terdapat banyak sanggar tari, namun beberapa diantaranya mengalami kemerosotan karena tidak dapat bersaing dengan sanggar lain. Maka dari itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi pemasaran Sanggar Cahaya Ratu dalam meningkatkan jumlah Pelanggan di Pekanbaru. Strategi komunikasi pemasaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah 5P, yaitu Periklanan (Advertising), Pemasaran Langsung (Direct Selling), Promosi Penjualan (Promotion Selling), Penjualan Pribadi (Personal Selling), dan Hubungan Masyarakat (Public Relation) oleh Kotler dan Keller. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini adalah bahwa Sanggar Cahaya Ratu telah menerapkan 5 (lima) elemen bauran promosi dalam menjalankan strategi komunikasi pemasarannya. Strategi promosi yang dilakukan oleh Sanggar Cahaya Ratu adalah lebih memperhatikan kepada 5 (lima) unsur yaitu Periklanan (Advertising), Pemasaran Langsung (Direct Selling), Promosi Penjualan (Promotion Selling), Penjualan Pribadi (Personal Selling), dan Hubungan Masyarakat (Public Relation). Strategi promosi yang dilakukan oleh Sanggar Cahaya Ratu yaitu melalui Periklanan (Advertising) melakukan promosi dengan menyebarkan brosur kepada para pelanggan, Pemasaran Langsung (Direct Selling) melakukan promosi melalui instagram dan Whatsapp kepada para pelanggan, Promosi Penjualan (Promotion Selling) melakukan promosi dengan melalui instagram,Whatsapp, Dan melakukan promosi face to face, Penjualan Pribadi (Personal Selling) melakukan promosi dengan bertemu langsung dengan pelanggan seperti disekolah-sekolah, dan Hubungan Masyarakat (Public Relation) melakukan promosi kepada masyarakat sekitar Sanggar. Pada kesimpulannya, Sanggar Cahaya Ratu telah menerapkan kelima elemen dalam bauran promosi yang dijadikan bahan acuan dalam menjalankan tujuannya untuk menarik minat pelanggan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | fdk - |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 11:39 |
Last Modified: | 26 Jan 2024 11:39 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77738 |
Actions (login required)
View Item |