INDAH LESTARI, - (2024) UPAYA PENANGANAN PERMASALAHAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAKKANAK TERPADU AMALIYAH HANUM BAGAN SIAPI-API KABUPATEN ROKAN HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (660kB) |
Abstract
INDAH LESTARI (2023) : UPAYA PENANGANAN PERMASALAHAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAKKANAK TERPADU AMALIYAH HANUM BAGAN SIAPI-API KABUPATEN ROKAN HILIR Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan terhadap upaya penanganan permasalahan perkembangan emosional anak didik yang masih belum berkembang sehingga perlu dilakukan penerapan kegiatan pembiasaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Penanganan Permasalahan Perkembangan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di TK Terpadu Amaliyah Hanum Bagan Siapiapi Kabupaten Rokan Hilir. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Deskriptif Kualitatif. Responden/informan penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru, dan Anak didik, dengan jumlah guru 15 orang, 85 orang anak didik, dan dibagi menjadi 5 kelas. Fokus penelitian ini adalah upaya penanganan permasalahan perkembangan emosoinal anak usia 5-6 tahun. Pengambilan data dengan teknik Purposive Sampling yang artinya adalah teknik penentuan data dengan pertimbangan tertentu. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan langkah reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan kesimpulan (Verifikasi). Hasil penelitian ini adalah, Profil Perkembangan Emosional Anak Usia Dini di TK Terpadu Amaliyah Hanum berkembang sesuai harapan yang ditandai dengan kemampuan yang ditunjukkan ketika anak memperlihatkan kemampuan diri untuk menyesuaikan dengan situasi, memiliki rasa tanggung jawab untuk diri sendiri dan orang lain, dan memiliki sikap prososial (mampu bermain ataupun interaksi dengan teman sebayanya). Upaya penanganan permasalahan perkembangan emosional anak usia dini yang dilakukan Guru di TK Terpadu Amaliyah Hanum memberikan motivasi, semangat yang luar biasa, dan menggunakan metode diskusi Kata Kunci : Penanganan Permasalahan Perkembangan Emosional
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 02:49 |
Last Modified: | 26 Jan 2024 02:49 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77708 |
Actions (login required)
View Item |