SERLINA GUSTI, - (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD MENGGUNAKAN LIVE WORKSHEET BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MATERITEOREMA PYTHAGORAS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI SERLINA GUSTI.pdf Download (18MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Serlina Gusti, (2024): Pengembangan E-LKPD Menggunakan Live Worksheet Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Teorema Pythagoras Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD menggunakan Live Worksheet berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis pada materi teorema Pythagoras yang valid, praktis dan efektif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII UPT SMP Negeri 10 Tapung dan objek penelitian ini adalah E-LKPD menggunakan Live Worksheet berbasis RME pada materi teorema Pythagoras. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan data kualitatif. E-LKPD menggunakan Live Worksheet berbasis RME pada materi teorema Pythagoras dinyatakan valid dengan persentase tingkat kevalidan 85,69%. dan dinyatakan praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 90,25% untuk kelompok kecil dan 88,95% untuk kelompok terbatas. Selanjutnya E-LKPD dinyatakan efektif berdasarkan uji Mann Whitney U diperoleh Zhitung = 5, 50>Ztabel = 1,96 Oleh karena itu E-LKPD yang dihasilkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Kata Kunci: E-LKPD, Live Worksheet, Realistic Mathematics Education, Kemampuan Komunikasi Matematis, Teorema Pythagoras.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 07:21 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 07:21 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77682 |
Actions (login required)
View Item |