RAHMAT HIDAYAT, - (2024) PENGARUH HARGA, SELERA KONSUMEN, DAN LOKASI TERHADAP DAYA BELI KONSUMEN PADA MALAYA MART KECAMATAN BANGKINANG KOTA MENURUT EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text (KECUALI BAB IV)
tanpa bab iv.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
bb iv.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (992kB) |
Abstract
Rahmat Hidayat, (2023): Pengaruh Harga, Selera Konsumen, dan Lokasi Terhadap Daya Beli Konsumen pada Malaya Mart Kecamatan Bangkinang Kota Menurut Ekonomi Syariah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin meningkatnya daya beli konsumen pada Malaya Mart Kecamatan Bangkinang Kota, dengan banyaknya bisnis ritel lain yang ikut berkembang. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh harga, selera konsumen, dan lokasi terhadap daya beli konsumen pada Malaya Mart Kecamatan Bangkinang Kota menurut ekonomi syariah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasinya adalah konsumen yang melakukan transaksi jual-beli di Malaya Mart Kecamatan Bangkinang Kota sebanyak 31.054 orang. Sedangkan sampel sebanyak 100 orang responden yang dihitung dengan rumus slovin. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dan accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Untuk pengolahan data menggunakan IBM SPSS Versi 29.0. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi: Y = 5,661 + 0,065 X1 + 0,460 X2 + 0,140 X3. Hasil uji parsial (t-Test) pada variabel Harga (X1) diperoleh nilai thitung (0,815) < ttabel (1,98) dengan tingkat signifikansi (0,417 > 0,05), artinya tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara harga terhadap daya beli konsumen pada Malaya Mart Kecamatan Bangkinang Kota. Pada variabel Selera Konsumen (X2) diperoleh nilai thitung (4,038) > ttabel (1,98), dengan tingkat signifikansi (< 0,001 < 0,05), artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara selera konsumen terhadap daya beli konsumen pada Malaya Mart Kecamatan Bangkinang Kota. Pada variabel Lokasi (X3) diperoleh nilai thitung (2,156) > ttabel (1,98) dengan tingkat signifikansi (0,034 < 0,05), artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara lokasi terhadap daya beli konsumen pada Malaya Mart Kecamatan Bangkinang Kota. Hasil uji F diperoleh bahwa nilai Fhitung (29,448) > Ftabel (2,69) dengan tingkat signifikansi sebesar (< 0,001 < 0,05), artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara harga, selera konsumen, dan lokasi secara simultan atau bersama-sama terhadap daya beli konsumen pada Malaya Mart Kecamatan Bangkinang Kota. Uji koefisien determinasi memiliki Adjusted R Square sebesar 0,463, artinya variabel Harga (X1), Selera Konsumen (X2), dan Lokasi (X3) berpengaruh sebesar 46,3% terhadap variabel Daya Beli Konsumen (Y). Sedangkan sisanya, yaitu sebesar 53,7% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Menurut ekonomi syariah, bahwa pengaruh harga, selera konsumen, dan lokasi terhadap daya beli konsumen pada Malaya Mart Kecamatan Bangkinang Kota, sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi syariah, yaitu: ar-ridha, berdasarkan persaingan sehat (fair competition), kejujuran (honesty), keterbukaan (transparancy), keadilan (justice), prinsip kesederhanaan, dan prinsip moralitas (rasa syukur), serta memperhatikan halal dan haram. Kata kunci: harga, selera konsumen, lokasi, dan daya beli konsumen
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 03:37 |
Last Modified: | 26 Jan 2024 03:37 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77630 |
Actions (login required)
View Item |