Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SDN 028 RIMBO PANJANG

TAUFIK HIDAYAT, - (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SDN 028 RIMBO PANJANG. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (811kB)

Abstract

TAUFIK HIDAYAT (2023) : PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SDN 028 RIMBO PANJANG Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model project based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada muatan IPA siswa kelas V di SDN 028 Rimbo Panjang. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini adalah penelitian jenis quasi eksperimen menggunakan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 028 Rimbo Panjang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V B sebagai kelas Kontrol dan siswa kelas V C sebagai kelas eksperimen. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pencapaian kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model project based learning sebesar 83,33 lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol yang hanya mencapai 57,41. Berdasarkan analisis uji-t dari nilai kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai sebesar 8,113 dan nilai sebesar 2,006 pada taraf signifikasi 0,05 sehingga diperoleh nilai > , maka Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada pengaruh yang signifikan penerapan model project based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di kelas V SDN 028 Rimbo Panjang. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Project Based Learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Jan 2024 04:28
Last Modified: 25 Jan 2024 04:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77616

Actions (login required)

View Item View Item