Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Muatan Pembelajaraan IPA di Kelas V SD IT Darul Hikmah Pekanbaru

Valda Khairunnisa, - (2024) Penerapan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Muatan Pembelajaraan IPA di Kelas V SD IT Darul Hikmah Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
GABUNGAN ACC valda-53-105.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN ACC valda_removed.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Valda Khairunnisa, (2023): Penerapan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Muatan Pembelajaraan IPA di Kelas V SD IT Darul Hikmah Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa pada muatan pembelajaran IPA di kelas V SD IT Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang subjeknya adalah seorang guru dan 28 orang siswa kelas V SD IT Darul Hikmah Pekanbaru . Objeknya adalah strategi Relating, experiencing, applying, cooperating. transferring dan pemahaman konsep sisa. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui Teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa Penerapan strategi relating, experiencing, applying, cooperating, transferring dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Hal tersebut tergambar dari grafik hasil belajar mereka, dimana nilai rata-rata tes pemahaman konsep siswa sebelum tindakan hanya 41,57 mencapai atau tergolong Pemahaman Kurang. Setelah menerapkan strategi relating, experiencing, applying, cooperating, transferring pada siklus I pemahaman konsep siswa meningkat dengan rata-rata 60,56 atau tergolong " pemahaman cukup". Pada siklus II pemahaman konsep siswa meningkat dengan rata-rata 78,42 atau tergolong " Pemahaman Baik" Kata Kunci: Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring, Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Jan 2024 03:53
Last Modified: 25 Jan 2024 03:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77571

Actions (login required)

View Item View Item