Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KOMUNIKASI PEMASARAN GRAMEDIA CABANG SUDIRMAN DALAM MENINGKATKAN PENGUNJUNG DI KOTA PEKANBARU

YULIA HASMANDA, - (2024) KOMUNIKASI PEMASARAN GRAMEDIA CABANG SUDIRMAN DALAM MENINGKATKAN PENGUNJUNG DI KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB V Yulia Hasmanda.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
SKRIPSI BAB V Yulia Hasmanda.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Yulia Hasmanda Jurusan : Ilmu Komunikasi Judul : Komunikasi Pemasaran Gramedia Cabang Sudirman dalam Meningkatkan Pengunjung di Kota Pekanbaru Penelitian ini dilakukan di Gramedia Cabang Sudirman, dilatarbelakangi oleh fenomena reading society dan tren baru digital society yang berpengaruh pada menurunnya pengunjung terhadap toko offline. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana komunikasi pemasaran Gramedia Cabang Sudirman dalam meningkatkan pengunjung di Kota Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi pemasaran Gramedia Cabang Sudirman dalam meningkatkan pengunjung di Kota Pekanbaru. Teori promotion mix yang terdiri dari 8 elemen. Pendekatan dan jenis metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, dokumentasi dan observasi. Adapun hasil penelitian yaitu pertama, iklan yang dilakukan Gramedia Cabang Sudirman memiliki perencanaan waktu (timeline) yaitu saat tahun ajaran baru dan pada saat pergantian semester. Kedua, sales promotion dengan memberikan potongan harga seperti saat holiday season hingga diskon 15%. Ketiga, event yang mereka buat sering sekali seperti bazar setiap bulannya. Keempat, strategi corporate sosial responsibility to build brand image adalah berbagi buku contohnya donasi yang dilakukan ke forum taman bacaan masyarakat provinsi Riau dan program wakaf Al-Qur'an. Kelima, online marketing dengan melakukan program question and answer setiap hari kamis dan live streaming. Keenam, Mobile marketing menggunakan aplikasi perusahaan yaitu MyValue Kompas Gramedia, Gramedia Digital serta marketplace. Ketujuh, direct marketing yaitu ketika Gramedia Cabang Sudirman sudah memiliki data pelanggan dari Gramedia card dan memiliki kewajiban memaintenance pelanggan tersebut dengan memberikan informasi. Kedelapan, personal selling dengan menggunakan strategi active selling untuk menciptakan dan menumbuhkan kepuasaan pelanggan. Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, Gramedia Cabang Sudirman, Meningkatkan Jumlah Pengunjung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 23 Jan 2024 03:34
Last Modified: 23 Jan 2024 03:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77469

Actions (login required)

View Item View Item