RIZA VILTA SARI, - (2024) ANALISIS NILAI PENDIDIKAN PADA NOVEL "9 MATAHARI" KARYA ADENITA SEBAGAI MATERI AJAR PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TINGKAT SMA KELAS XII. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENENTLIAN (BAB IV).pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (565kB) |
Abstract
RIZA VILTA SARI (2023) : ANALISIS NILAI PENDIDIKAN PADA NOVEL "9 MATAHARI" KARYA ADENITA SEBAGAI MATERI AJAR PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TINGKAT SMA KELAS XII Penelitian ini mengkaji tentang nilai - nilai pendidikan yang terdapat dalam novel "9 Matahari" karya Adenita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai - nilai pendidikan yang terdapat dalam novel "9 Matahari" karya Adenita. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (Library Reseach) dengan pendekatan yang dipakai adalah pendekatan deksriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi yaitu dengan cara pengamatan novel tersebut. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan cara mendeskripsikan fakta-fakta yang kemudian disusul dengan analisis. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terdapat tiga macam nilai pendidikan dalam novel "9 matahari". Nilai pendidikan yang pertama adalah nilai pendidikan agama, kedua nilai pendidikan moral, dan ketiga nilai pendidikan sosial. Hasil analisis nilai pendidikan pada novel tersebut direlevansikan sebagai bahan ajar pembelajaran bahasa Indonesia tingkat SMA kelas XII. kata kunci : Nilai pendidikan, novel, pembelajaran Bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 22 Jan 2024 07:46 |
Last Modified: | 22 Jan 2024 07:46 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77428 |
Actions (login required)
View Item |