VELLA NADIA, - (2024) ANALISIS WACANA PERSUASIF PADA IKLAN FACIAL WASH DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII DI SMP. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
VELLA NADIA (2023) : ANALISIS WACANA PERSUASIF PADA IKLAN FACIAL WASH DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII DI SMP Wacana iklan dalam wujud bahasa memiliki struktur yaitu struktur yang dapat membangun sebuah iklan menjadi sebuah bahasa yang utuh, cara penempatan kalimat serta susunan kata dapat memberikan pengaruh yang sangat besar pada pemahaman penonton, dalam menyusun iklan juga bisa mempengaruhi penonton, sehingga penonton dapat terbujuk oleh bahasa iklan. Oleh karena itu perlu dilakukan kajian agar melihat struktur tersebut serta bagaimana itu dapat mempengaruhi kajian penonton. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Wacana persuasif pada iklasn facial wash, 2) Relevansinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VIII di SMP. Penelitian ini termasuk penelitian jenis kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penlitian ini mengunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan mengidentifikasi, mengklarifikasikan, menganalisis, dan mendeskripsikan. Hasil penelitian ini keseluruhan dari 15 data iklan facial wash terdapat 42 wacana teknik persuasif yaitu: sugesti 12 data, kompensasi 7 data, rasionalisasi 13 data, indentifikasi 6 data, penggantian 1 data, dan proyeksi 1 data. Wacana teknik persuasif dalam iklan dapat diajarkan silabus kurikulum 2013 kelas semester genap kelas VIII di SMP pada mata pelajaran bahasa Indonesia pada kompetensi dasar 3.4 Menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar dan KD 4.4 Menyajikan gagasan, pesan, dan ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster secara lisan dan tulis. Wacana spersuasif dalam iklan dapat direlevansikan terhadap pengembangan bahan ajar bahasa Indonesia berupa iklan facial wash. Kata Kunci: Wacana Persuasif, Iklan Facial Wash, Relevansinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII di SMP.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 22 Jan 2024 05:06 |
Last Modified: | 22 Jan 2024 05:06 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77418 |
Actions (login required)
View Item |