Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IDENTIFIKASI KARAKTERISTIK METAKOGNITIF SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI HIDROKARBON DI MAN 4 KAMPAR

LIDYA UTARI, - (2024) IDENTIFIKASI KARAKTERISTIK METAKOGNITIF SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI HIDROKARBON DI MAN 4 KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LIDYA UTARI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Lidya Utari (2023) : Identifikasi Karakteristik Metakognitif Siswa Dalam Pemecahan Masalah Pada Materi Hidrokarbon Di Man 4 Kampar Identifikasi karakteristik metakognitif penting dilakukan untuk mlelihat sejauh mana siswa mampu mengatur pengetahuan kognitif dan regulasi kognisi dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik dan level metakognitif siswa kelas XI Man 4 Kampar. Penelitian ini dilaksanakan pada Tahun Ajaran 2023/2024 di MAN 4 Kampar dengan materi pokok hidrokarbon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitaif. Sampel peneltian ini terdiri dari 13 orang siswa dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes essay dan angket MAI yang telah disesuaikan dengan indikator metakognitif. Hasil analisa data karakteristik metakognitif untuk masing-masing indikator menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada indikator deklaratif 92,40% dengan kategori baik sekali, indikator prosedural 60,26% dengan kategori kurang, dan indikator kondisional 59,62% dengan kategori kurang sekali. Pada level metakognitif hasil analisa data untuk masing-masing indikator menunjukkan bahwa untuk regulasi kognisi diperoleh nilai rata-rata pada indikator perencanaan (planning) 85,54% dengan kategori baik sekali, strategi mengelola informasi (information managemnet strategis) 77,56% dengan kategori baik, pemantauan terhadap pemahaman (monitoring)76,93% baik, strategi perbaikan (debugging strategies) 90,38% dengan kategori baik sekali, evaluasi (evaluation) 81,41% dengan kategori baik sekali. Untuk pengetahuan kognisi pada masing-masing indikator menunjukkan hasil pada indikator deklaratif 79,62% dengan kategori baik, indikator prosedural 76,92% dengan kategori baik, dan indikator kondisional 85% dengan kategori baik sekali. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu guru untuk lebih menerapkan strategi pembelajaran yang dapat membantu guru untuk lebih menerapkan strategi pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa dalam meningkatkan kemampuan metakognitif. Kata Kunci : Karakteristik Metakognitif, Hidrokarbon

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Jan 2024 03:06
Last Modified: 22 Jan 2024 03:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77393

Actions (login required)

View Item View Item