Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 25 TAHUN 2009 TENTANG PELAYANAN PUBLIK DI KELURAHAN AIR TIRIS KECAMATAN KAMPAR MENURUT PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH

ALDO ROFIKA, - (2024) IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 25 TAHUN 2009 TENTANG PELAYANAN PUBLIK DI KELURAHAN AIR TIRIS KECAMATAN KAMPAR MENURUT PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (673kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ALDO ROFIKA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Aldo Rofika (2023) : Implementasi Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik Di Kelurahan Air Tiris Kecamatan Kampar Menurut Perspektif Fiqih Siyasah Dalam rangka memberikan kualitas pelayanan yang terbaik kepada masyarakat pemerintah menerbitkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Pelayanan publik yang diberikan instansi pemerintah merupakan perwujudan fungsi aparatur negara sebagai abdi masyarakat. Fungsi pelayanan menjadi salah satu fokus perhatian masyarakat dalam memberikan pelayanannya. Penelitian ini dilakukan pada Kantor Lurah Air Tiris, dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pelayanan publik di Kantor Lurah Air Tiris Kecamatan Kampar, kemudian bagaimana tinjauan fiqih siyasah terhadap implementasi pelayanan publik di Kantor Lurah Air Tiris Kecamatan Kampar. Data penelitian dihimpun melalui teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi yang diperoleh berkaitan dengan sistem pelayanan publik oleh pihak Kelurahan Air Tiris Kecamatan Kampar. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data sehingga menemukan gambaran dan kesimpulan tentang permasalahan yang diteliti serta menemukan pemecahan permasalahan. Data digambarkan dengan kata-kata atau kalimat yang dipisah-pisah menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menyimpulkan bahwa pelayanan oleh Kantor Kelurahan Air Tiris telah melakukan pelayanan yang baik. Hal ini ditandai dengan ketepatan waktu pemrosesan/pembuatan akta atau dokumen layanan yang sesuai dengan waktu yang ada di SOP (Standar Oprasional Pelayanan), serta seluruh pembuatan akta maupun dokumen tidak dipungut biaya atau gratis. Pelayanan publik di Kantor Kelurahan Air Tiris sesuai dengan Pasal 4 Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 karena telah memenuhi kriteria pelayanan publik yang baik untuk mensejahterakan dan mampu mengayomi masyarakat dengan sepenuh hati dan semaksimal mungkin dengan memberikan jaminan kemudahan layanan dan jaminan keamanan kepada masyarakat yang mengajukan permohonan layanan. Pelayanan publik oleh Kantor Kelurahan Air Tiris tersebut juga telah sesuai dengan fiqih siyasah karena sudah memenuhi SOP dan Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Hal ini ditunjang dengan adanya inovasi terhadap pelayanan publik bahkan mampu bekerja sama dengan lembaga lain. Kata Kunci : Implementasi, Pelayanan Publik, Fiqih Siyasah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 17 Jan 2024 07:12
Last Modified: 17 Jan 2024 07:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77109

Actions (login required)

View Item View Item