HALIM FORTUNA, - (2024) PENGARUH PENGGUNAAN WEB-GIS (WEB BASED GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM) TERHADAP KECERDASAN SPASIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA IT AZ-ZUHRA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLTIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
HALIM FORTUNA (2023) : PENGARUH PENGGUNAAN WEB-GIS (WEB BASED GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM) TERHADAP KECERDASAN SPASIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA IT AZ-ZUHRA PEKANBARU Kecerdasan spasial sangat penting dalam pembelajaran geografi, kerena melibatkan proses berpikir yang kompleks berkaitan dalam mengakaji fenomena geografi. teknologi pembelajaran diperlukan untuk meningkatkan kecerdasan spasial siswa. Salah satu teknologi yang yang bisa digunakan dalam meningkatkan kecerdasan spasial adalah Web-Gis. Web-Gis merupakan salah satu media yang efektif untuk mengidentifikasi dan menganalisis suatu wilayah dengan cara yang interaktif, dapat digunakan sebagai media pembelajaran geografi untuk meningkatkan kecerdasan spasial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Web-Gis (Web Based Geographic Information System) terhadap kecerdasan spasial siswa pada mata pelajaran geografi di SMA IT Az-Zuhra Pekanbaru. metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian preeksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis pretest dan posttest, Uji Hipotesis T-test dan Uji N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Web-Gis berpengaruh dalam meningkatkan kecerdasan spasial siswa. pada hasil pretest kecerdasan spasial siswa adalah 62,35. Sedangkan hasil postest yang dilakukan setelah diberikan perlakuan menggunakan Web-Gis diperoleh nilai 98,18. berdasarkan perhitungan statistik Uji T-test diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,050, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil uji N-Gain penggunaan WebGIS dapat meningkatkan Kecerdasan Spasial Siswa sebesar 95,1 % dari sebelum diberikan perlakuan sampai setelah diberikan perlakuan, hal ini terlihat dari skor rata-rata nilai N – Gain yaitu sebesar 0,951 yang termasuk dalam kategori tinggi. Kata Kunci : Geografi, Web-Gis, Kecerdasan Spasial
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 17 Jan 2024 08:03 |
Last Modified: | 17 Jan 2024 08:03 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77098 |
Actions (login required)
View Item |