ANGGUN SAGITA, - (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL MENGGUNAKAN FLIP PDF PROFESSIONAL BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SIWA SMP/MTs. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
Text
SKRIPSI ANGGUN SAGITA.pdf Download (28MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Anggun Sagita, (2023) : Pengembangan E-Modul Menggunakan Flip PDF Professional Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP/MTs. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Devolepment, Implementation dan Evaluation) yang bertujuan untuk mengembangkan modul berbentuk elektronik berbasis penemuan terbimbing untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP/MTs yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini dilakukan di SMPN 7 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa di SMPN 7 Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah e-modul berbasis penemuan terbimbing untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP/MTs. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan soal posttest. Instrumen penelitian berupa instrumen validitas yang terdiri atas lembar validasi intrumen penelitian, materi pembelajaran, tampilan, instrumen kepraktisan yaitu angket respon siswa dan intrumen keefektifan yaitu soal posttest. Analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh: (1) E-Modul menggunakan Flip PDF Professional berbasis penemuan terbimbing untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP/MTs dinyatakan sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 86,39 %. (2) E-Modul menggunakan Flip PDF Professional berbasis penemuan terbimbing untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP/MTs dinyatakan sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan yaitu 82,85 % (3) E-Modul menggunakan Flip PDF Professional berbasis penemuan terbimbing untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP/MTs dinyatakan efektif berdasarkan uji normalitas dan uji Mann Whitney U yang telah dilakukan dengan yaitu . Hal tersebut menunjukkan bahwa E-Modul menggunakan Flip PDF Professional berbasis penemuan terbimbing untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP/MTs dinyatakan valid, praktis dan efektif. Kata Kunci : E-Modul, Flip PDF Professional, Penemuan Terbimbing, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Uji Mann Whitney U
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 17 Jan 2024 07:34 |
Last Modified: | 17 Jan 2024 07:34 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77083 |
Actions (login required)
View Item |