MAHMUDDIN, - (2024) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI ZAT ADITIF, ZAT ADIKTIF DAN PSIKOTROPIKA DI SMP TELEKOMUNIKASI PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (364kB) |
||
|
Text
SKRIPSI_MAHMUDDIN FIX(2).pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap pemahaman konsep siswa pada materi zat aditif, zat adiktif dan psikotropika di SMP Telekomunikasi Pekanbaru. Metode pada penelitian ini menggunakan metode pre-experimental design yang menggunakan design one group pretest-post test yaitu melibatkan hanya satu kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/I SMP. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa/i kelas VIII yang hanya terdiri dari satu kelas berjumlah 30 siswa yang dijadikan kelas eksperimen menggunakan model Group Investigation. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan observasi. Data hasil post-test pemahaman konsep siswa dianalisis menggunakan uji non parametrik Wilcoxon dengan bantuan SPSS versi 23. Hasil uji statistik dengan bantuan spss versi 23 menunjukkan nilai signifikan 0,000 < signifikan alpha 0,05, artinya terdapat pengaruh pemahaman konsep peserta didik sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Kata Kunci : Group Investigation, Pemahaman Konsep, Zat Aditif, Zat Adiktif, Psikotropika
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 17 Jan 2024 02:19 |
Last Modified: | 17 Jan 2024 02:19 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77050 |
Actions (login required)
View Item |