Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLIKASI PROGRAM KAMPUNG KELUARGA BERKUALITAS TERHADAP KETAHANAN KELUARGA DI KECAMATAN TUAH MADANI KOTA PEKANBARU PERSPEKTIF MAQHASID SYARIAH

HARDIANSYAH SIREGAR, - (2024) IMPLIKASI PROGRAM KAMPUNG KELUARGA BERKUALITAS TERHADAP KETAHANAN KELUARGA DI KECAMATAN TUAH MADANI KOTA PEKANBARU PERSPEKTIF MAQHASID SYARIAH. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TESIS HARDIANSYAH SIREGAR.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK HARDIANSYAH SIREGAR (2023) :“Implikasi Program Kampung Keluarga Berkualitas Terhadap Ketahanan Keluarga di Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru Perspektif Maqhasid Syariah’’”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pelaksanaan program Kampung Keluarga Berkualitas di Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru. Kampung Keluarga Berkualitas adalah wilayah setingkat RW atau setara yang didalamnya terdapat keterpaduan program kependudukan, Keluarga Berencana serta Pembangunan Keluarga secara Sistematis yang bertujuan untuk mempersiapkan keluarga yang berkualitas. Adapun Rumusan Masalah penelitian ini ialah : a) Bagaimana Implikasi Kampung KB Tunas Harapan terhadap Ketahanan Keluarga di Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru? b); Bagaimana Implikasi Program Kampung KB Tunas Harapan ditinjau dari Perspektif Maqhasid Syariah ? Penelitian ini jika dilihat dari lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan (field research). Penelitian ini dilaksanakan di Kampung Keluarga Berkualitas ( Kampung KB) Tunas Harapan Kecamqatan Tuah Madani Kota Pekanbaru . Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah, Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik analisis data adalah upaya yang dilakukan dengan jalan Mengumpulkan data secara Induktif dan deduktif kemudian data tersebut dikelola dan dikembangkan dengan cara Induksi Kemudian dilakukan penarikan kesimpulan. (conclusion drawing/ veriffication). Adapun hasil penelitian ini yaitu; 1) Kampung KB Tunas Harapan dalam melaksanakan Programnya memberikan Implikasi Positip terhadap Masyarakat Kecamatan Tuah Madanin Kota Pekanbaru 2) Program Kerja yang dijalankan oleh Kampung KB Tunas Harapan berjalan dengan baik dan memberikan Mashlahat yang besar kepada Masyarakat Kecamatan Tuah Madani Kot Pekanbaru, Pelatihan pengembangan ekonomi berbasis Soft Skill dilaksanakan dengan baik dan memberikan mata pencarian baru bagi Masyarakat Kampung KB Tunas Harapan dan 3) Adapun Implikasi pelaksanaan Program Kampung Keluarga Berkualitas diantaranya yaitu : (a), Masyarakat Kampung KB Tunas Harapan rutin melaksanakan kegiatan berbasis keislaman, seperti kegiatan Maghrib Mengaji, pengajian dan perayaan hari besar Islam sehingga kegiatan ini memberikan dampak yang baik kepada masyarakat di dalam meningkatkan nilai religi Masyarakat Kampung KB Tunas Harapan b) Melalui Program Kerja Kesehatan, Masyarakat Kampung KB Tunas Harapan mendapatkan fasilitas kesehatan di puskesmas melalui kegiatan yang diadakan melalui program Bina Keluarga Balita, Remaja dan Lansia c) Melalui Program Kerja Ekonomi Masyarakat Kampung KB Tunas Harapan mendapatkan pelatihan berbasis Soft Skill seperti pelatihan pembuatan Sabun dan Aneka Makanan Khas Melayu yang dapat dipasarkan kepada Masyarakat. d ) Seluruh Program Kerja Kampung KB Memberikan Imlikasi Positif terhadap Ketahanan Keluarga di kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru. Kata Kunci : Implikasi, Kampung KB, Maqhashid Syariah, Ketahanan Keluarga.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Hukum Keluarga
Depositing User: pps -
Date Deposited: 16 Jan 2024 01:43
Last Modified: 16 Jan 2024 01:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76856

Actions (login required)

View Item View Item