LERISA PUTRI PINTO, - (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BANGUN RUANG SISI DATAR MENGGUNAKAN POP-UP BOOK DENGAN APLIKASI POWER POINT DAN GEOGEBRA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI LERISA PUTRI PINTO.pdf Download (22MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Lerisa Putri Pinto (2023): Pengembangan Media Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Menggunakan Pop-Up Book dengan Aplikasi Power point dan Geogebra untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Penelitian ini dilatarbelakangi keterbatasan ketersediaan media yang berupa bahan ajar untuk siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media berupa bahan ajar khususnya pada materi bangun ruang sisi datar menggunakan Pop-Up Book dengan aplikasi power point dan geogebra untuk memfasilitasi kemampuan Berpikir kritis matematis siswa SMP yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Kerumutan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kerumutan. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran bangun ruang sisi datar menggunakan Pop-Up Book dengan aplikasi power point dan geogebra untuk memfasilitasi kemampuan Berpikir kritis matematis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi untuk ahli materi, lembar validasi ahli tampilan, angket respon siswa (praktikalitas) dan soal posttest. Jenis data yang digunakan merupakan data kuantitatif dan data kualitatif yang dianalisis menggunakan teknis analisis deskriptif kuantitatif dan teknis analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pop-Up Book tergolong sangat valid dengan nilai validasi sebesar 0,895. Uji praktikalitas dengan kategori sangat praktis pada uji coba pada kelompok kecil dengan persentase 87% dan sangat praktis pada kelompok besar dengan persentase 88%. Uji efektivitas Pop- Up Book diperoleh thitung > ttabel, yaitu 14,48593 > 1,671553 dengan dk=58 serta taraf signifikan 0,05 sehingga
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 07:49 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 07:49 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76801 |
Actions (login required)
View Item |