Winda Nova Eliza, - (2023) Materi Moderasi Beragama pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadis di Madarasah Aliyah Masmur Pekanbaru”. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (793kB) |
||
|
Text
TANPA BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Winda Nova Eliza (2023):“ Materi Moderasi Beragama pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadis di Madarasah Aliyah Masmur Pekanbaru” Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana konsep Moderasi Beragama pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadis di Madarasah Aliyah Masmur Pekanbaru dan apa sajakah Materi Moderasi Beragama pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadis di Madarasah Aliyah Masmur Pekanbaru dan. Penelitian ini jika dilihat dari lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan (field research). Penelitian lapangan adalah untuk mencari di mana peristiwa-peristiwa yang menjadi objek penelitian berlangsung, sehingga mendapatkan informasi langsung dan terbaru tentang masalah yang berkenaan, sekaligus sebagai cross checking terhadap bahan-bahan yang telah ada. Penelitian ini dilaksanakan di Madarasah Aliyah Masmur Pekanbaru Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah, Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik analisis data adalah upaya yang dilakukan dengan jalan l) reduksi data (data reduction), 2) penyajian data (data displays dan 3) penarikan kesimpulan/ verifikasi (conclusion drawing/veriffication). Adapun hasil penelitian ini yaitu konsep Moderasi Beragama Di Madrasah Aliyah Masmur Pekanbaru. Muatan Kurikulum Pendidikan Agama Islam dalam bingkai Moderasi Beragama Di Madrasah Aliyah Masmur Pekanbaru, Moderasi beragama tercermin dalam komitmen kebangsaan yang menjunjung keberagaman, toleransi yang menghargai perbedaan keyakinan, penolakan terhadap segala bentuk kekerasan atas nama agama, serta penerimaan dan akomodasi terhadap kekayaan budaya dan tradisi yang ada dalam masyarakat. Adapun materi moderasi dalam buku ajar al-qur’an hadis adalah Cinta tanah Air, Toleransi, Saling Menghargai dan menghormati, Tanggung Jawab, dan Disiplindan Etos kerja. Implementasi Materi Moderasi Beragama Pada Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Aliyah Masmur Pekanbaru, penerapan konsep moderasi beragama dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Aliyah Masmur Pekanbaru dapat dilihat dari perencanaan pembelajaran pada RPP yang mana telah dicantumkan konsep moderasi dalam KI dan KD Kata kunci :Materi Moderasi Beragama, Pembelajaran, Al-Qur’an Hadis Madarasah Aliyah Masmur Pekanbaru.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 07:44 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 07:44 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76796 |
Actions (login required)
View Item |