RIYO WAHYUDI, - (2023) STRATEGI KOMUNIKASI CUSTOMER SERVICE PT. POS INDONESIA CABANG PEKANBARU DALAM MENANGANI KELUHAN PELANGGAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB V.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Nama : Riyo Wahyudi Jurusan : Ilmu Komunikasi Judul : Strategi Komunikasi Customer Service PT. Pos Indonesia Cabang Pekanbaru Dalam Menangani Keluhan Pelanggan Permasalahan yang terjadi terhadap pelanggan merupakan suatu tantangan dalam proses komunikasi yang memerlukan strategi agar tercipta kegiatan komunikasi yang sesuai dan efektif, sehingga dapat menghindari upaya yang tidak tepat sasaran atau tidak sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana strategi komunikasi yang diterapkan oleh customer service di kantor pos Pekanbaru guna mempertahankan kepuasan dan kepercayaan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus, di mana peneliti secara rinci menyelidiki suatu program, peristiwa, aktivitas, proses, atau sekelompok individu. Hasil penelitian menunjukkan beberapa temuan penting. Pertama, fakta (informasi yang dapat dibuktikan) menjadi dasar bagi strategi komunikasi. Kedua, perencanaan mencakup upaya untuk mengatasi tantangan dan kesulitan yang mungkin timbul dalam menangani keluhan pelanggan. Ketiga, tindakan dan komunikasi merujuk pada respon cepat dan pemberian perhatian serius terhadap setiap keluhan yang disampaikan pelanggan. Keempat, pengendalian melibatkan pengukuran kinerja layanan pelanggan dalam menangani keluhan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa PT. Pos Indonesia Cabang Pekanbaru berhasil menerapkan strategi komunikasi layanan pelanggan yang efektif dalam menangani keluhan pelanggan. Indikator penelitian mencakup faktor fakta, perencanaan, aksi dan komunikasi, serta pengendalian. Dalam memberikan layanan informasi kepada konsumen, PT. Pos Pekanbaru menggunakan komunikasi pemasaran yang melibatkan lima kegiatan bauran promosi, yaitu periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan publisitas, penjualan personal, dan pemasaran langsung. Kata Kunci : Strategi, Komunikasi, Customer Service, Keluhan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | fdk - |
Date Deposited: | 12 Jan 2024 01:41 |
Last Modified: | 12 Jan 2024 01:42 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76620 |
Actions (login required)
View Item |