Johan (2012) PENERAPAN AKAD RAHN PADA PT. BANK SYARIAH MANDIRI CABANG DUMAI. Laporan thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_201220PS.pdf Download (490kB) | Preview |
Abstract
Laporan Akhir ini berjudul : “Penerapan Akad Rahn pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Dumai.” Laporan ini adalah penelitian lapangan. Penulis melakukan penelitian ini pada PT. Bank Syari’ah Mandiri Kantor Cabang Dumai yang beralamat di Jalan Jend. Sudirman No. 162 Kota Dumai. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Respon Nasabah Terhadap Prosedur Akad Rahn pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Dumai, bagaimana Respon Nasabah Terhadap tatacara perhitungan biaya pada Akad Rahn di PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Dumai dan barang apa saja yang bisa digadaikan dengan menggunakan Akad Rahn pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Dumai. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk megetahui bagaimana Respon Nasabah Terhadap Prosedur Akad Rahn pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Dumai, untuk mengetahui bagaimana Respon Nasabah Terhadap tatacara perhitungan biaya Akad Rahn di PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Dumai dan untuk mengetahui barang apa saja yang bisa digadaikan dengan mengunakan Akad Rahn pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Dumai. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dengan pihak PT. Bank Syariah Mandiri Kantor CabangDumai, Pengumpulan dokumen-dokumen dari Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Dumai, Content Analisis (Menganalisa Isi Buku). Untuk menjawab permasalahan yang ada dalam penelitian ini. Adapun yang menjadi subjek pada penelitian ini adalah pimpinan dan para karyawan PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Dumai dan objeknya adalah “Penerapan Akad Rahn pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Dumai. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan/I bagian Officer Gadai dan pimpinan PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Dumai. Kemudian 5 nasabah dari 919 nasabah pada bulan Agustus 2010 yang mengunakan Akad Rahn dengan Teknik Random Sampling. Dari data yang diperoleh menunjukkan bahwa PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Dumai dalam menerapkan Akad Rahn secara umum sesuai dengan Hukum Islam. Maksudnya setiap prosedur, tatacara perhitungan biaya, baik biaya administrasi dan pemeliharaan sudah sesuai dengan prinsip syari’ah tidak adanya unsure riba di dalam biaya yang diterapkan. Tetapi masih kurangnya Sosialisasi yang di lakukan oleh pihak bank. Ini terlihat dari masih kurangnya pengetahuan nasabah terhadap Prosedur dan Tatacara Perhitungan Biaya-biaya yang di Bebankan ke Nasabah. barang yang bisa digadaikan yaitu berupa Emas yang dibolehkan brerdasarkan Prinsip Rahn. Terlihat di Fatwa Dewan Syari’ah Nasional No. 26/DSN-MUI/III/2002 tanggal 28 Maret 2002 tentang Gadai emas dan di Bank Syariah Mandiri Cabang Dumai ada namanya Opini Dewan Pengawas Syariah BSM tentang Gadai Emas BSM. ini juga yang menguatkan Bank Syariah Mandiri mengguluarkan produk gadai Emas yang sesuai dengan prinsip syariah. Selain itu adanya keluhan dari nasabah yang mengatakan kurangnya produk-produk gadai yang di tawarkan oleh Bank Syariah Mandiri Cabang Dumai. Setelah mengadakan penelitian dengan megumpulkan data dan menganalisis data-data yang diperoleh, maka dapat penulis jelaskan bahwa pada dasarnya keberadaan Bank Syariah yang ada pada saat sekarang ini membantu masyarakat khususnya nasabah Gadai Emas yang ingin mendapatkan biaya yang cepat, mudah dan aman. Dengan demikian dalam memberikan pembiayaan kepada nasabah pihak bank melakukan analisa terhadap calon nasabah Gadai.
Item Type: | Thesis (Laporan) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 20 Sep 2016 03:56 |
Last Modified: | 20 Sep 2016 03:56 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7655 |
Actions (login required)
View Item |