Fitra, - (2023) EVALUASI EFEKTIVITAS PROGRAM TAHSIN TAHFIDZUL QUR’AN (T2Q) DENGAN MODEL CIPP DI YPIT ALKAUTSAR DURI-RIAU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
TANPA BAB IV.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Fitra, NIM 22290110093: “Evaluasi Efektivitas program Tahsin Tahfidzul Qur’an dengan model CIPP di YPIT Alkautsar Duri ” Tesis Program Pasca Sarjana Magister Pendidikan Agama Islam UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian ini bertujuan untuk Mengevaluasi contexs, input, process, product program Tahsin Tahfidzul Qur’an Di YPIT Alkautsar Duri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan evaluatif, dalam penelitian ini menggunakan model evaluasi teori Stufflebeam yaitu CIPP (Context, Input, Process, Product). Data diperoleh dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara mereduksi data, setelah itu disajikan dalam bentuk deskripsi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, hasil evaluasi dari Context program Tahsin Tahfidzul Qur’an di YPIT Alkautsar Duri menunjukkan bahwa program memiliki tujuan dan perencanaan yang jelas. Kedua, hasil evaluasi input program Tahsin Tahfidzul Qur’an diketahui bahwa kompetensi yang dimiliki guru tahfidz sudah sesuai karena dalam hafalan dan kemampuan dalam pemahaman membaca Al- Qur’an sudah baik namun masih perlu ditingkatkan lagi, sedangkan peserta didik dalam mengikuti program tahfidz ini memiliki antusias menghafal yang tidak stabil. Selain itu program ini didukung dengan sarana prasarana yang cukup, terlebih dengan adanya buku prestasi siswa yang dimiliki oleh masing-masing siswa. Ketiga, hasil evaluasi process program Tahsin Tahfidzul Qur’an menunjukkan bahwa, proses pelaksanaan pembelajaran Tahsn Tahfidzul Qur’an berjalan lancar dan sesuai dengan yang telah direncanakan. Metode yang digunakan untuk Tahsin yaitu metode Nuuri atau Cahayaku dan Tahfidz yaitu talaqqi, dan yang menjadi kendala dalam pelaksanaan pembelajaran Tahsin Tahfidzul Qur’an yaitu kurangnya waktu jam pelajaran terutama untuk Murajaah hafalan. Keempat, hasil evaluasi product hasil menunjukan bahwa pencapaian target hafalan peserta didik belum sesuai target untuk semua siswa, sekolah akan menahan ijazah peserta didik yang belum melakukan setoran tahfidz dan memberikan fasilitas bimbingan oleh guru tahfidz hingga dinyatakan lulus. Kata Kunci: evaluasi program, Tahsin Tahfidzul Qur’an, model CIPP
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 05:47 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 05:47 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76421 |
Actions (login required)
View Item |