SITI PATIMAH, - (2023) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERIHIDROKARBON MENGGUNAKAN INSTRUMENT FOUR-TIER DIAGNOSTIC TEST. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (7MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Siti Patimah (2023): Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Hidrokarbon Menggunakan Instrument Four-Tier Diagnostic Test Miskonsepsi adalah pemahaman siswa akan suatu konsep yang tidak sesuai terhadap konsep yang diterima secara ilmiah. Materi hidrokarbon merupakan salah satu materi kimia SMA yang berpotensi menyebabkan miskonsepsi dan mengalami kesalahan konsep. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya miskonsepsi siswa serta mengetahui persentase miskonsepsi pesesta didik pada materi hidrokarbon yang teridentifikasi dengan menggunakan Instrumen Four-Tier Diagnostic Test. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dimana sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA Robotik di MAN 1 Pekanbaru. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah Test Diagnostic Four-Tier, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi miskonsepsi pada materi hidrokarbon pada semua konsep yang diujikan. Sebanyak 53% siswa mengalami miskonsepsi pada konsep jenis atom karbon, 47% siswa mengalami miskonsepsi pada konsep penggolongan senyawa hidrokarbon, 44% siswa mengalami miskonsepsi pada konsep isomer dan 45% siswa mengalami miskonsepsi pada konsep sifat-sifat senyawa hidrokarbon. Rata-rata persentase tingkat pemahaman konsep siswa kelas XI IPA MAN 1 Pekanbaru pada materi hidrokarbon adalah 25% siswa paham konsep dengan kriteria rendah, 47% siswa yang mengalami miskonsepsi dengan kriteria sedang dan 28% siswa tidak paham konsep dengan kriteria rendah. Faktor penyebab terjadinya miskonsepsi pada peserta didik lebih didominasi oleh penalaran yang tidak lengkap atau salah dan kemampuan peserta didik yang kurang dalam memahami dan mengingat materi. Kata Kunci: Miskonsepsi, Four-Tier Diagnostic Test, Hidrokarbon
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 27 Dec 2023 01:30 |
Last Modified: | 27 Dec 2023 01:30 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76215 |
Actions (login required)
View Item |