ELVA REZKY ABDULLAH, - (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE PROBING PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS DI SD IT RAUDHATURRAHMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (979kB) |
||
|
Text
SKRIPSI FULL.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Elva Rezky Abdullah (2023) : Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Probing Prompting Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPS di SD IT Raudhaturrahmah Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan model pembelajaran Cooperative Tipe Probing Prompting dapat meningkatkan pemahaman konsep belajar IPS siswa kelas V SD IT Raudhaturrahmah Pekanbaru. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah penerapan model pembelajaran Cooperative Tipe Probing Prompting dapat meningkatkan pemahaman konsep belajar IPS siswa kelas V SD IT Raudhaturrahmah Pekanbaru? Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan 34 siswa kelas V SD IT Raudhaturrahmah Pekanbaru. Sedangkan objek dalam penelitian ini merupakan penerapan model pembelajaran Cooperative type Probing Prompting untuk meningkatkan pemahaman konsep belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS di V SD IT Raudhaturrahmah Pekanbaru. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus yang masing-masing terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah analisis dekskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa Penerapan model pembelajaran Cooperative Tipe Probing Prompting untuk Meningkatkan Pemahaman konsep belajar Siswa pada Tema Peristiwa Dalam Kehidupan di Kelas V SD IT Raudhaturrahmah Pekanbaru yang dilaksanakan menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini dapat diketahui dari sebelum tindakan hanya mencapai 42,44% yang berada pada rentang rentang 40-55% dengan kategori Kurang Baik. Setelah dilakukan tindakan kelas pada siklus I, pemahaman konsep belajar siswa meningkat menjadi 52,21% yang berada pada rentang 40-55% dengan kategori Kurang Baik. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 82,09% yang berada pada rentang 76-100% dengan kategori baik. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa pemahaman konsep belajar siswa pada tema peristiwa dalam kehidupan di kelas V SD IT Raudhaturrahmah Pekanbaru dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Tipe Probing Prompting Kata Kunci : Probing Prompting, Pemahaman Konsep Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 28 Dec 2023 02:55 |
Last Modified: | 28 Dec 2023 02:55 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76193 |
Actions (login required)
View Item |