MUSA CHRISTOF CANDRA SILITONGA, - (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN YANG DIRUGIKAN ATAS IKLAN INVESTASI ROBOT TRADING FOREX. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (753kB) |
||
|
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Musa Christof Candra Silitonga, (2023): Perlindungan Hukum Terhadap i Konsumen Yang Dirugikan Atas Iklan Investasi Robot Trading Forex Robot trading forex belakangan ini menjadi topik hangat dalam dunia digital. Banyak penyedia robot trading forex yang diblokir dan ditertibkan oleh pihak berwajib, karena sampai saat ini belum ada regulasi yang jelas mengatur robot trading forex. Selain itu banyak investasi bodong berkedok robot trading yang banyak merugikan kalangan Masyarakat. Robot trading forex dinyatakan ilegal dan juga mengandung unsur penipuan yang sudah masuk ranah kriminalitas dengan menggunakan iklan sebagai sarana promosi yang menerangkan tentang janji keuntungan hasil dari robot trading forex. Oleh karena itu penulis meneliti mengenai perlindungan hukum terhadap konsumen yang dirugikan dalam iklan investasi robot trading forex. Pokok permasalahan dalam kasus robot trading forex, bagaimana perlindungan hukum atas iklan investasi robot trading yang menyesatkan menurut perspektif perlindungan konsumen, kemudian dan konsekuensi hukum terhadap iklan robot trading forex. Penelitian ini merupakan jenis riset kepustakaan (library research). Dengan sifat penelitian deskriptif analitis yang berarti penulisan dalam penelitian ini bermaksud untuk menggambarkan secara sistematis, rinci, dan menyeluruh. Penulis menggunakan pendekatan analitis terhadap bahan hukum, untuk mengetahui makna yang dikandung oleh istilah-istilah yang digunakan dalam peraturan perundang-undangan secara konsepsional, sekaligus mengetahuipenerapan dalam praktik dan putusan hukum. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pihak penyedia robot trading forex yang telah dinyatakan illegal dan iklan/promosi sebagai sarana utama untuk mencari korban atas pelaku usaha yang tidak jujur dalam mengiklankan produk dapat dijatuhi sanksi berdasarkan jenis pelanggarannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan dapat dikatakan menyesatkan apabila melanggar Pasal 9 Undang-undang Perlindungan Konsumen. Adapun konsekuensi hukum bagi pelaku usaha dapat dikenakan sanksi administratif, pidana, perdata, dan hukuman tambahan. Bentuk perlindungan hukum hukum periklanan secara umum tertuang dalam Undang-undang Perlindungan Konsumen dan KUHPerdata. Saran dalam penelitian ini pemerintah segera membentuk undang-undang khusus periklanan. Kata Kunci: Perlindungan, Konsumen, Iklan, trading.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 21 Dec 2023 06:10 |
Last Modified: | 21 Dec 2023 06:10 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76172 |
Actions (login required)
View Item |