TANIA SALSABILLA, - (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING(CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 4 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Tania Salsabilla, (2023): Pengaruh Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Geografi di SMAN 4 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran geografi di SMA Negeri 4 Pekanbaru. Sampel terdiri dari dua kelas yang dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu kelas XI IPS 1 yang diajar dengan menerapkan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 4 yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran konvensional sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan analisis statistik parametrik dengan uji T-test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen mengalami perubahan nilai yang lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen memperoleh rata-rata pretest sebesar 70,23 dan rata-rata posttest sebesar 89,03 artinya kelas eksperimen telah mengalami peningkatan hasil belajar sebesar 19,07. Sedangkan pada kelas kontrol memperoleh rata-rata pretest sebesar 72,46 dan rata-rata posttest sebesar 85,94 artinya kelas kontrol telah mengalami peningkatan hasil belajar sebesar 13,48. Kata Kunci : Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 21 Dec 2023 06:46 |
Last Modified: | 21 Dec 2023 06:46 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76171 |
Actions (login required)
View Item |