Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI ADMINISTRASI KURIKULUM DALAM PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DIRGANTARA RIAU

DWI LAVENYA JULTAMI, - (2023) IMPLEMENTASI ADMINISTRASI KURIKULUM DALAM PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DIRGANTARA RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (650kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI DWI LAVENYA JULTAMI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dwi Lavenya Jultami : Implementasi Administrasi Kurikulum dalam Peningkatan Proses Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan Dirgantara Riau ( Skripsi, Prodi MPI, 2023) Administrasi kurikulum merupakan kegiatan atau usaha untuk mendukung, melayani, mengarahkan atau mengatur semua kegiatan untuk mencapai suatu tujuan yang menunjang proses layanan kepada guru dengan sebaik-baiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah implementasi administrasi kurikulum dalam proses pembelajaran di SMK Dirgantara Riau dan apa saja faktor yang mempengaruhi implementasi administrasi kurikulum dalam peningkatan proses pembelajaran di SMK Dirgantara Riau. Penelitian ini mengunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan utama dalam penelitian ini adalah Wakil Kurikulum dan Informan tambahan Kepala Sekolah dan Guru. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data mengunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, diperoleh temuan bahwa 1) Implementasi administrasi kurikulum dalam peningkatan proses pembelajaran di SMK Dirgantara Riau sudah telaksana dengan baik di lihat dari pelaksanaan kurikulum yang ada di sekolah tersebut walaupun sewaktu-waktu terdapat kendala, namun dapat teratasi dan terselesaikan dengan baik. Dengan dilihat berdasarkan dari unsur layanan yaitu: a) realiability b) responsiveness c) assurance d) empathy. 2) Faktor yang mempengaruhi implementasi administrasi kurikulum dalam peningkatan proses pembelajaran ialah a) pendidik yang kesulitan dalam pengaplikasian administrasi kurikulum. b) kurangnya ketersediaan peralatan dalam pembelajaran. c) kurangnya ketersediaanya bahan ajar. Kata Kunci : Administrasi Kurikulum, dan Proses Pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Dec 2023 05:31
Last Modified: 21 Dec 2023 05:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76162

Actions (login required)

View Item View Item