Suhartiwi, Tiwi (2023) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA WAYANG KARTUN UNTUK PENGENALAN PENDIDIKAN SEKS BERBASIS ISLAM ANAK USIA DINI USIA 5-6 TAHUN DI TK BINTANG MULIA KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf Download (17MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (776kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keevektifan media wayang untuk pengenalan pendidikan seks berbasis islami anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan eksprimen desain one group pretest posttest dengan t-test atau uji memiliki rumus ttabel > thitung. Jika ttabel > thitung. Maka Ho ditolak dan Ha diterima, pengujian dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 23. Subjek dalam penelitian ini anak usia 5-6 tahun di TK Bintang Mulia Kampar. Untuk mengetahui seberapa besar tingkat keevektifan penggunaan media wayang untuk pengenalan pendidikan seks berbasis islami anak usia 5-6 tahun di TK Bintang Mulia Kampar digunakan rumus Gain ternormalisasi dan didapat dari hasil rumus tersebut sebesar 81,36% dikatagori tinggi. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan lembar observasi pada anak diperoleh thitung = -43.790 dan ttabel = 1.94318, maka ttabel > thitung (1.94318 > -43.790). Dari data tersebut menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan hasil penelitian terdapat keefektifan penggunaan media wayang untuk pengenalan pendidikan seks berbasis islami anak usia 5-6 tahun di TK Bintang Mulia Kampar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media, Wayang, Pendidikan Seks, Islam |
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 20 Dec 2023 07:51 |
Last Modified: | 20 Dec 2023 07:51 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76148 |
Actions (login required)
View Item |