Makmur Mulyono, - and Elvia Budianita, - and Alwis Nazir, - and Fadhilah Syafria, - (2023) Klasifikasi Status Stunting Balita Menggunakan Metode Naïve Bayes Gaussian Berbasis Web. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 8 (3). pp. 399-406. ISSN ISSN: 2541-1004 e-ISSN: 2622-4615
|
Text
Skripsi_repo_Makmur_Mulyono.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pertumbuhan dan perkembangan balita harus mendapatkan perhatian dari orang tua karena pada masa balita merupakan masa emas dalam membentuk pertumbuhan dan perkembangan serta kecerdasan anak. Stunting merupakan keadaan malnutrisi di mana terhambatnya pertumbuhan dan perkembangan anak dan ini termasuk ke dalam masalah gizi kronis, kejadian stunting dapat dilihat dari tinggi badan yang tidak sesuai dengan umur. Dalam mencegah balita dari stunting maka diperlukan antisipasi berupa pencegahan secara dini dengan melakukan pemeriksaan di posyandu terdekat yang diukur menggunakan metode antropometri. Perhitungan status stunting atau normal berdasarkan data antropometri umumnya diproses secara manual sehingga besar kemungkinan terjadi kesalahan dalam perhitungan maupun memasukan data. Data mining dapat membuat klasifikasi atau prediksi pada status stunting balita dengan mempelajari pola data sebelumnya. Naïve bayes merupakan salah satu metode klasifikasi yang memiliki kelebihan akurasi yang tinggi dengan data latih yang sedikit adapun atribut yang digunakan dalam penelitian ini yaitu usia, jenis kelamin, Inisiasi Menyusui Dini (IMD), berat badan, tinggi badan. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh rata-rata akurasi terbaik pada tipe data numerik untuk atribut usia, berat badan, tinggi badan dan nominal jenis kelamin, Inisiasi Menyusui Dini (IMD) dengan akurasi tertinggi pada perbandingan data 80:20 yaitu 80.34% dengan jumlah seluruh data sebanyak 1172 data.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Depositing User: | fsains - |
Date Deposited: | 18 Dec 2023 07:20 |
Last Modified: | 18 Dec 2023 07:20 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76100 |
Actions (login required)
View Item |