Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Konsep Akhlak menurut Perspektif Buya Hamka dan Relevansinya dalam Pendidikan Karakter PPs. UIN Suska Riau, 2023

Irman Nofiardi, - (2023) Konsep Akhlak menurut Perspektif Buya Hamka dan Relevansinya dalam Pendidikan Karakter PPs. UIN Suska Riau, 2023. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
irman-72-172.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (831kB)
[img]
Preview
Text
irman_removed.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Irman Nofiardi : Konsep Akhlak menurut Perspektif Buya Hamka dan Relevansinya dalam Pendidikan Karakter PPs. UIN Suska Riau, 2023 Melihat kondisi bangsa Indonesia saat ini dan masa yang akan datang, ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkarakter merupakan kebutuhan yang yang tidak terbantahkan lagi. Berbagai riset tentang pentingnya Pendidikan Karakter bagi siswa di Indonesia. Berdasarkan hal itu maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep akhlak menurut perspektif Buya Hamka dan relevansinya dalam Pendidikan Karakter. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kajian pustaka (library research) dengan pendekatan kualitatif penggung kapan data melalui deskripsi (pemaparan), sehingga dalam pengelolaannya mengadakan dan mengemukakan sifat data yang diperoleh kemudian dianalisis lebih lanjut guna mendapatkan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Pertama, Konsep Akhlak dalam Tafsir Buya Hamka meliputi tiga elemen penting, yaitu adab kepada Allah, kepada Nabi dan kepada sesame manusia. Hamka melihat, untuk pembentukan akhlak yang baik dan mulia, manusia memerlukan pemahaman dan pengamalan yang sangat dalam terhadap Al-Qur’an, as-Sunnah. Kemudian Hamka menempatkan akal pada posisi penting dalam diri manusia, dengan akal manusia dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, dan sebagai pembeda dengan makhluk lainnya sekaligus akal mempunyai kecerdasan yang menjadi nilai dan pertimbangan manusia dalam menjalani kehidupan; dan Kedua, Konsep Pendidikan Akhlak yang disampaikan oleh Buya Hamka dalam tesis ini, mempunyai relevansi dengan pendidikan karakter nasional saat ini. Hamka dalam hal ini telah menawarkan konsep pendidikan karakter dengan tiga subtansi pokok. (1). Pendidikan karakter yang lebih menekankan kepada konsep Ketuhanan dan keseimbangan rasionalitas; (2), Pendidikan karakter perlu diterapkan secara menyeluruh di setiap lingkungan Pendidikan; dan (3), Konsep pendidikan karakter dijalankan dengan mengikuti perkembangan zaman untuk kemajuan bangsa. Kata Kunci: Akhlak, Hamka, Pendidikan Karakter

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 08 Dec 2023 07:43
Last Modified: 08 Dec 2023 07:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75986

Actions (login required)

View Item View Item