ASNI, - (2023) PENGARUH KEGIATAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MTS KECAMATAN BATHIN SOLAPAN KABUPATEN BENGKALIS. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
ASNI I BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (606kB) |
||
|
Text
TANPA BAB IV_merged.pdf Download (22MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Dalam rangka peningkatan profesionalisme guru, pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan kebijakan untuk meningkatkan kemampuan profesionalisme guru dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). dengan mengekfektifkan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) semua kesulitan guru mata Pelajaran dalam kegiatan Pendidikan dapat dipecahkan. Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru yang mengajar mata Pelajaran SKI di MTs Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis bahwasanya banyak siswa yang bosan dan jenuh dalam belajar SKI terindikasi dari seringkali tidur dan keluar masuk kelas. Hal ini disebabkan guru seringkali memberikan materi dengan cara ceramah. Adapun tujuan penelitian ini adalah melihat pengaruh kegiatan MGMP mata Pelajaran Sejarah kebudayaan islam terhadap hasil belajar siswa di MTs se-Kecamatan Bathin Solapan. Adapun metode yang digunakan ialah peneliatian Kuantitatif yang dianalisis menggunakan SPSS 26. Terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok kontrol (guru tidak mengikuti MGMP) dan kelompok eksperimen (guru mengikuti kegiatan MGMP). Adapun hasil penelitian yaitu nilai tes hasil belajar dan kuesioner adalah sebagai berikut. Hasil belajar siswa pada kelompok kontrol memiliki rata-rata nilai 70,95, sementara pada kelompok eksperimen nilai rata-ratanya yaitu 75,49. Hasil analisis inferensial implemetasi kegiatan MGMP dalam proses pembelajaran, pada kedua kelompok didapatkan hasil uji-t 0,004 ≤ 0,05 sehingga hasilnya terdapat perbedaan proses pembelajaran siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pada analisis inferensial tes hasil belajar siswa, setelah diuji normalitas dan homogenitas hasil belajar didapatkan hasil uji t 0,001 < 0,05 sehingga hasilnya terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pada analisis inferensial pengaruh kegiatan MGMP dalam proses pembelajaran dengan hasil belajar SKI siswa kelas IX memiliki nilai korelasi 0,379 sehingga hasilnya yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara kegiatan MGMP dengan hasil belajar siswa kelompok eksperimen. Sementara pada kelompok kontrol tidak terdapat korelasi antara kegiatan MGMP dengan hasil belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, 1) Terdapat perbedaan yang signifikan terhadap implementasi kegiatan MGMP dalam proses pembelajaran terhadap siswa yang guru mata Pelajaran SKI nya mengikuti kegiatan MGMP dengan siswa yang guru mata Pelajaran SKI nya tidak mengikuti kegiatan MGMP. 2) Terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar terhadap siswa yang guru mata pelajaran SKI nya mengikuti kegiatan MGMP dengan siswa yang guru mata pelajaran SKI nya tidak mengikuti kegiatan MGMP. 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara kegiatan MGMP terhadap hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen yaitu guru mata Pelajaran SKI nya mengikuti kegiatan MGMP, dan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kegiatan MGMP terhadap hasil belajar siswa pada kelompok kontrol yaitu guru mata pelajaran SKI nya tidak mengikuti kegiatan MGMP. Kata kunci : Musyawarah Guru Mata Pelajaran, Hasil Belajar, MTs, Korelasi
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 03:46 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 03:46 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75985 |
Actions (login required)
View Item |