Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Kemampuan Guru PAI dalam Menyusun Modul Ajar Kelas VII pada Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri Kecamatan Bathin Solapan. Tesis Program Magister Pendidikan Agama Islam (PAI) Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Amril, - (2023) Kemampuan Guru PAI dalam Menyusun Modul Ajar Kelas VII pada Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri Kecamatan Bathin Solapan. Tesis Program Magister Pendidikan Agama Islam (PAI) Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (864kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Amril : Kemampuan Guru PAI dalam Menyusun Modul Ajar Kelas VIIpada Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri Kecamatan Bathin Solapan. Tesis Program Magister Pendidikan Agama Islam (PAI) Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Salah satu perangkat ajar yang sangat penting dalam kurikulum Merdeka adalah modul ajar. Oleh karena itu guru harus dapat menyusun modul ajar sesuai komponen yang ditentukan oleh kemdikbudristek. Penelitian ini dilakukan dalam rangka rendahnya kemampuan guru PAI menyusun modul ajar kelas VII dan mengetahui faktor-faktor yang menyebabkannya. Penelitian dilakukan di tiga SMP negeri yang ada di Kecamatan Bathin Solapan, dimana tiga sekolah ini telah mulai mengimplementasikan kurikulum merdeka sejak tahun pelajaran 2022/ 2023 dengan pilihan mandiri belajar. Informan penelitian adalah guru PAI kelas VII dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan oleh peneliti maka diperoleh informasi bahwa guru PAI kelas VII di tiga sekolah masih belum memahami bagaimana tahapan penyusun modul ajar dan juga belum mampu melakukan analisis capaian pembelajaran PAI fase D. Modul ajar yang dimiliki oleh guru PAI di tiga sekolah ini diadopsi dari internet dan platform merdeka mengajar (PMM), dan belum dapat menyesuaikan dengan karakter dan kondisi peserta didik. Beberapa factor yang menyebabkan rendahnya kemampuan guru PAI kelas VII menyusun modul ajar antara lain: guru belum memahami bagaimana cara melakukan analisis capaian pembelajaran menjadi tujuan pembelajaran dan modul, dan belum mengikuti bimtek secara luring, sulit memahami bimtek online. Kata kunci: IKM, modul ajar, PAI

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 22 Nov 2023 02:16
Last Modified: 22 Nov 2023 02:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75798

Actions (login required)

View Item View Item