Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA TATARAN FONOLOGI PADA MATERI MENCERITAKAN KEMBALI ISI CERITA FANTASI OLEH SISWA KELAS VII SMPN 2 KERITANG

NUR AFNI FARADILA, - (2023) ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA TATARAN FONOLOGI PADA MATERI MENCERITAKAN KEMBALI ISI CERITA FANTASI OLEH SISWA KELAS VII SMPN 2 KERITANG. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI(BAB IV).pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)

Abstract

NUR AFNI FARADILA(2023) : ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA TATARAN FONOLOGI PADA MATERI MENCERITAKAN KEMBALI ISI CERITA FANTASI OLEH SISWA KELAS VII SMPN 2 KERITANG Penelitian ini merupakan penelitian mengenai kesalahan berbahasa tataran fonologi yang dilakukan oleh siswa kelas VII SMPN 2 Keritang, khususnya pada materi menceritakan kembali isi cerita fantasi yang sudah dibaca/didengar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan bentuk kesalahan berbahasa tataran fonologi serta mengetahui faktor-faktor penyebab kesalahan berbahasa tataran fonologi dalam menceritakan kembali isi cerita fantasi yang sudah dibaca/didengar oleh siswa kelas VII SMPN 2 Keritang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik tes, observasi, wawancara, dan angket (kuesioner). Setelah data terkumpul, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan dua teknik, yaitu: Pertama, teknik analisis data kualitatif untuk mengetahui bentuk-betuk kesalahan berbahasa tataran fonologi. Kedua, teknik analisis data deskriptif persentase untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesalahan berbahasa tataran fonologi. Hasil dari analisis data diperoleh 3 bentuk kesalahan pada pelafalan fonem, yaitu: kesalahan dalam bentuk perubahan fonem terdapat 17 kesalahan (23,94%), kesalahan dalam bentuk penghilangan fonem terdapat 32 kesalahan (45,07%), dan kesalahan dalam bentuk penambahan fonem terdapat 22 kesalahan (30,98%). Selanjutnya, berkenaan dengan faktor penyebab kesalahan berbahasa tataran fonologi, dapat digambarkan bahwa faktor penyebab tertinggi kesalahan berbahasa tataran fonologi dalam menceritakan kembali isi cerita fantasi oleh siswa kelas VII SMPN 2 Keritang adalah karena siswa tergesagesa ketika berbicara dengan persentase sebesar 73,17%. Persentase ini tergolong “tinggi” karena berada antara 61%-80%. Kata Kunci: Kesalahan Fonologi, Menceritakan Kembali, Cerita Fantasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 09 Nov 2023 05:59
Last Modified: 09 Nov 2023 05:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75685

Actions (login required)

View Item View Item