RAHMA DAYANI, - (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTED MATHEMATICS PROJECT (CMP) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI RAHMA DAYANI.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Rahma Dayani, (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Tujuan penelitian ini untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran CMP terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa. Model pembelajaran CMP adalah model pembelajaran yang menitik beratkan pembelajaran pada tugas-tugas agar siswa aktif dan berdiskusi. Penelitian ini dilakukan di SMP N 5 Pekanbaru tahun ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian Two Group Randomized Subject Posttest Only, yang melibatkan 68 siswa sebagai sampel. Penentuan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan berpikir reflektif matematis berbentuk uraian. Adapun kemampuan berpikir reflektif matematis memuat 5 indikator yaitu mendeskripsikan masalah, mengidentifikasi masalah, membuat kesimpulan, memprediksi penyelesaian, dan menginterpretasi masalah. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa nilai rata-rata kemampuan berpikir reflektif matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran CMP lebih tinggi dari pada nilai rata-rata kemampuan berpikir reflektif matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran CMP berpengaruh terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa. Kata Kunci: Connected Mathematics Project (CMP), Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 02 Nov 2023 00:05 |
Last Modified: | 02 Nov 2023 00:05 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75598 |
Actions (login required)
View Item |