RISKA PUTRI, - (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TEKNIK SCAFFOLDINGTERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP/MTS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (880kB) |
||
|
Text
SKRIPSI RISKA PUTRI.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Riska Putri, (2023): Pengaruh Penerapan Model Problem based Learning Dengan Teknik Scaffolding Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP/MTs. Fakta dilapangan menunjukkan masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hal tersebut mendorong peneliti melakukan penelitian tentang pembelajaran yang menerapkan model Problem Based Learning dengan Teknik Scaffolding. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar menggunakan pembelajaran Problem Based Learning dengan Teknik Scaffolding dengan siswa yang belajar tidak menggunakan Problem Based Learning dengan Teknik Scaffolding. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperimen dan dilakukan di SMP Negeri 2 Peranap dengan desain nonequivalent control group design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan VIIB sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian Purposive Sampling. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaknik tes, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan uji normalitas dan uji homogenitas serta uji hipotesis untuk melihat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil analisis data menggunakan uji-t menunjukkan adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning teknik Scaffolding dengan siswa yang belajar tidak menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning teknik Scaffolding. Dengan adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa maka Problem Based Learning teknik Scaffolding berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 2 Peranap. Kata Kunci: Problem Based Learning Teknik Scaffolding, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 01 Nov 2023 08:52 |
Last Modified: | 01 Nov 2023 08:52 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75597 |
Actions (login required)
View Item |