IRNA SAFITRI, - (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN MINAT BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (41MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (41MB) |
Abstract
ABSTRAK Irna Safitri, (2023): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Minat Belajar Siswa Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran Konvensional berdasarkan Minat Belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan factorial experiment design. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah tes, angket, observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan komunikasi matematis, angket minat belajar siswa, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran Konvensional, 2) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memiliki minat belajar tinggi, sedang dan rendah, 3) tidak terdapat interaksi antara model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan minat belajar siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis berdasarkan minat belajar siswa MTsN 3 Kota Pekanbaru. Kata Kunci: Model Contextual Teaching and Learning (CTL), Kemampuan Komunikasi Matematis, Minat Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 16 Oct 2023 00:17 |
Last Modified: | 16 Oct 2023 00:17 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75465 |
Actions (login required)
View Item |