Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI KOMUNIKASI KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) RIAU DALAM MENSOSIALISASIKAN PEMILU 2024

M. WAHYU ARFA ZEN, - (2023) STRATEGI KOMUNIKASI KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) RIAU DALAM MENSOSIALISASIKAN PEMILU 2024. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB V.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama : M. WAHYU ARFA ZEN Jurusan : Ilmu Komunikasi Judul : STRATEGI KOMUNIKASI KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) RIAU DALAM MENSOSIALISASIKAN PEMILU 2024 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya informasi yang masuk terkait aturan pemilu 2024 di KPU Provinsi Riau. Hal ini menyangkut tentang keterbukaan informasi sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008. Komisi Pemilihan Umum (KPU) merupakan lembaga yang memimpin jalannya pemilu di Indonesia. Dalam menjalankan tugasnya KPU sudah diberikan jalur untuk menjalankan pemilu berdasarkan UU nomor 22 tahun 2007. KPU juga sangat dibutuhkan untuk melakukan komunikasi dalam proses sosialisasi pada masyarakat. Atas dasar itu, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau dalam mensosialisasikan pemilu 2024. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif yang menggambarkan fenomena yang terjadi. Hasil penelitian ini menunjukkan bawahwa KPU Provinsi Riau melakukan strategi komunikasi langsung dan tidak langsung. Komunikasi langsung ditandai dengan memperkuat sumberdaya manusia yang ada, melaksanakan program bimbingan teknis dan program rapat konsolidasi penguatan lembaga organisasi, kegiatan diskusi publik, sekolah pendidikan politik dan rapat stakeholder. Komunikasi tidak langsung dengan memaksimalkan potensi media sosial yang sedang digandrungi banyak orang, membuat flayer, spanduk dan baliho yang akan dipasang di beberapa titik strategis, bekerjasama dengan wartawan media cetak dan media digital seperti facebook, youtube, instagram dan website. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Sosialisasi, Pemilu 2024

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 10 Oct 2023 05:57
Last Modified: 10 Oct 2023 05:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75441

Actions (login required)

View Item View Item