OLSHIFA HAZIZAH FAUZI, - (2023) STRATEGI PEMBINAAN KEDISIPLINAN SALAT ZUHUR BERJAMAAH SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 40 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Olshifa Hazizah Fauzi (2023) : Strategi Pembinaan Kedisiplinan Salat Zuhur Berjamaah Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang digunakan dalam pembinaan salat zuhur berjamaah siswa di SMPN 40 Pekanbaru. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji melalui teknik triangulasi data, yaitu membandingkan data dari berbagai sumber yang berbeda untuk memperoleh keabsahan hasil penelitian. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa terdapat pelaksanaan kegiatan salat zuhur berjamaah di SMPN 40 Pekanbaru sesuai dengan jadwal yang telah dibentuk, strategi dalam pembinaan kedisiplinan salat zuhur berjamaah siswa di SMPN 40 Pekanbaru menggunakan empat macam strategi yaitu strategi pembiasaan, strategi pemberian hukuman, strategi pemberian motivasi dan nasehat serta strategi pengawasan. Faktor pendukungnya adalah terdapat dukungan dari pihak sekolah, kerjasama antar guru Pendidikan Agama Islam, dan terdapat aturan tertulis. Sedangkan faktor penghambatnya adalah sarana dan prasarana yang kurang memadai, karakter siswa yang bervariasi, keterbatasan waktu dan kurangnya keseimbangan antara lingkungan sekolah dan keluarga. Kata Kunci : Strategi, Pembinaan, Salat Zuhur Berjamaah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 01 Sep 2023 08:02 |
Last Modified: | 01 Sep 2023 08:02 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75328 |
Actions (login required)
View Item |