Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTs HASANAH PEKANBARU

NENSI ZUZUMI, - (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTs HASANAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NENSI ZUZUMI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nensi Zuzumi, (2023): Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di MTs Hasanah Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara model Project Based Learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Hasanah Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Hasanah Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek dalam penelitian ini adalah model Project Based Learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 2 sebagai kelas kontrol dengan alasan kedua kelas memiliki nilai rata-rata yang mendekati sama atau homogen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Test “T”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan mean antara kedua kelas yaitu kelas eksperimen sebesar 53,7500 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 48,9375. Dari hasil uji t diperoleh nilai thitung> ttabel taraf signifikan 5% (1,670) atau 1,670<2,790 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara model Project Based Learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Hasanah Pekanbaru. Kata Kunci: Project Based Learning, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Aug 2023 08:33
Last Modified: 11 Aug 2023 08:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75281

Actions (login required)

View Item View Item