MUHAMMAD IHSAN, - (2023) PENGARUH SCHOOL WELL-BEING DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMKF IKASARI PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (469kB) |
||
|
Text
SKRIPSI MUHAMMAD IHSAN.pdf Download (14MB) | Preview |
Abstract
PENGARUH SCHOOL WELL-BEING DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMKF IKASARI PEKANBARU Oleh Muhammad Ihsan Muhammadihsan23022001@gmail.com Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Abstrak Fenomena yang terjadi bahwa sebagian besar siswa SMKF Ikasari Pekanbaru memiliki motivasi belajar yang rendah. Motivasi belajar merupakan inisiasi dari individu atau memilih terlibat dalam tugas, usaha yang keras dan ketepatan dalam mengerjakan tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh school well-being dan dukungan sosial terhadap motivasi belajar siswa di SMKF Ikasari Pekanbaru. Jumlah subjek penelitian sebanyak 234 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik ini digunakan karena populasi mempunyai anggota atau unsur yang tidak homogen dan berstrata. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan menggunakan skala Motivasi belajar, skala school well-being, dan skala dukungan sosial. Dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda ditemukan taraf signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05) dengan demikian hipotesis penelitian ini diterima. Artinya terdapat pengaruh yang sangat signifikan antara school well-being dan dukungan sosial terhadap motivasi belajar siswa SMKF Ikasari Pekanbaru. Kata Kunci: school well-being, dukungan sosial, motivasi belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | fpsi - |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 03:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 03:13 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75199 |
Actions (login required)
View Item |