LYA ASTARI, - (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI LYA ASTARI.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Lya Astari, (2023) : Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika pada Materi Balok dan Kubus ditinjau dari Motivasi Belajar Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Kemampuan Pemahaman konsep matematika pada materi kubus dan balok ditinjau dari motivasi belajar siswa. Penelitian ini adalah analisis deskriftif kualitatif dengan menggunakan 10 responden yang merupakan siswa di SMPIT Insan Utama 2 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan angket motivasi belajar dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan di analisis secara deskriptif. Hasil penelitian menyatakan bahwa kemampuan pemahaman matematis siswa SMPIT Insan Utama 2 berada pada kategori sedang dengan rata-rata skor keseluruhan sebesar 64,88%. Kemampuan pemahaman matematis siswa berdasarkan Motivasi Belajar pada materi kubus dan balok memiliki rincian sebagai berikut: (a) Kelompok siswa dengan Motivasi Belajar tinggi memiliki presentase rata-rata sebesar 74,07% yang berada pada tingkat kategori tinggi. (b) Kelompok siswa dengan Motivasi Belajar sedang memiliki presentase rata-rata sebesar 68,73% yang berada pada tingkat kategori sedang. (c) Kelompok siswa dengan Motivasi Belajar rendah memiliki presentase rata-rata sebesar 51,87% yang berada pada tingkat kategori rendah. Hasil menunjukan bahwa semakin tinggi motivasi belajar, maka semakin tinggi pula pemahamannya. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep, Materi Kubus dan Balok
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 03:41 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 03:41 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75119 |
Actions (login required)
View Item |