RUSDI INDRA HASIBUAN, - (2023) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KARAKTER SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN MANDAILING NATAL. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Rusdi Indra Hasibuan, (2023): Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Siswa SMA Negeri di Kabupaten Mandailing Natal Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi Guru Pendidikan Agama Islam sebagai pendidik dalam membina karakter siswa di SMA Negeri di Kabupaten Mandailing Natal, dan faktor- faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis penelitian lapangan. Informan penelitian yaitu 4 orang guru Pendidikan Agama Islam Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan karakter siswa SMA Negeri di Kabupaten Mandailing Natal, Pertama keteladanan, dengan cara guru memberikan contoh dan ajakan langsung kepada siswa. Kedua penanaman kedisiplinan, dengan cara guru memberi teguran bahkan sanksi bagi yang melanggar tata tertib di sekolah. Ketiga pembiasaan, dengan program-program pembiasaan di sekolah seperti menerapkan 5S (senyum, salam, sapa, sopan, santun), muhadharah dihari Jumat, membaca al-quran sebelum pelajaran dimulai, dan sholat berjamaah. Keempat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, dengan cara guru mengajar tidak hanya monoton menjelasakan materi saja akan tetapi juga memasukkan sedikit candaan dan pemberian nasehat. Adapun faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter siswa siswa SMA Negeri di Kabupaten Mandailing Natal adalah, kerjasama antara semua pihak sekolah, pengalaman mengajar, pendidikan guru, dukungan keluarga/wali murid, lingkungan luar sekolah kurang mendukung. faktor internal yaitu dari pribadi setiap siswa dikarenakan kurangnya pendidikan dan pembinaan orang tua yang diberikan kepada anak sejak kecil. Faktor eksternal yaitu faktor dari lingkungan keluarga, lingkungan sosial dan lingkungan sekolah. Kata Kunci: Srategi Guru Pendidikan Agama Islam, Karakter Siswa.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 01:45 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 01:45 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75083 |
Actions (login required)
View Item |