SHILVI AULIA RAHMADHANI, - (2023) EVALUASI USABILITYAPLIKASI MOBILE BANKING MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
file lengkap kecuali hasil penenltiian (bab iv).pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
file hasil penenltiian (bab iv).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (985kB) |
Abstract
SHILVI AULIA RAHMADHANI (2023) : EVALUASI USABILITYAPLIKASI MOBILE BANKING MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCAL Bank Nagari Sumatra Barat merupakan salah satu perusahaan perbankan milik pemerintah daerah di Sumatra Barat yang menerapkan sistem mobile banking, dimana hal tersebut adalah cara untuk mempermudah para nasabah dalam bertransaksi tunai maupun non tunai. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, aplikasi mobile banking belum pernah dilakukan evaluasi dengan standar metode tertentu dan ditemukan beberapa permasalahan pada aplikasi mobile banking seperti terjadi error saat membuka aplikasi, gagal ketika melakukan aktivasi, beberapa fitur yang tidak berfungsi, dan navigasi yang kurang baik. Untuk mengetahui tingkat penerimaan pada aplikasi mobile banking maka perlu dilakukan evaluasi usability. Fokus penelitian ini yaitu melakukan evaluasi usability untuk mengukur tingkat penerimaan pada aplikasi oleh pengguna akhir dengan metode system usability scale (SUS) dan memebrikan rekomendasi solusi perbaikan berdasarkan analisa perhitungan kuesioner. SUS telah terbukti valid dan reliable yang memiliki sepuluh pertanyaan dengan hasil berupa skor 0-100. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner. Penelitian ini melibatkan 100 responden yaitu masyarakat Kabupaten Pasaman Barat yang menggunakan aplikasi mobile banking Bank Nagari, penentuan sampel menggunakan teknik accidental sampling, dan penentuan jumlah sampel menggunakan teknik slovin. Hasil dari perhitungan skor SUS yaitu 54,47 hal ini menunjukkan aplikasi telah dapat diterima tetapi tingkat penerimaan yang masih rendah. Penelitian ini memberikan rekomendasi solusi yang dapat dijadikan sebagai rujukan dalam pengembangan pada aplikasi mobile banking Bank Nagari. Kata Kunci Aplikasi, mobile banking, usability, system usability scale, Bank Nagari
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi |
Depositing User: | fsains - |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 09:05 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 09:05 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74975 |
Actions (login required)
View Item |