Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN BUZZ GROUP TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATERI MITIGASI BENCANA ALAM IPS SMA N 1 SIAK HULU

LILIS SURYANI, - (2023) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN BUZZ GROUP TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATERI MITIGASI BENCANA ALAM IPS SMA N 1 SIAK HULU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
file hasil penenlitian (bab iv).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (794kB)
[img] Text (BAB IV)
file lengkap kecuali hasil penenlitian (bab iv).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

LILIS SURYANI (2023) ; PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN BUZZ GROUP TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATERI MITIGASI BENCANA ALAM IPS SMA N 1 SIAK HULU Pembelajaran ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran Buzz Group terhadap keaktifan belajar siswa pada materi mitigasi bencana alam IPS SMA N 1 Siak Hulu. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Subjek penelitian ini adalah terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 52 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, kuesioner (angket) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah analisis pretest dan posttest hasil belajar siswa dan uji hipotesis menggunakan angket. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Buzz Group berpengaruh yang sangat baik terhadap keaktifan belajar siswa pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata setelah menggunakan metode pembelajaran Buzz Group sebesar 80,61 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata sebesar 78,5. Berdasarkan analisis uji t antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak jadi terdapat perbedaan peningkatan keaktifan belajar siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil Uji Hipotesis dilihat dari nilai rata-rata pretest sebesar 46,962 menjadi 80,615 pada nilai posttest dibagi 100, jika dihitung presentasinya dapat diperoleh besar kenaikan adalah 71,66% (kategori baik). Berarti terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran Buzz Group terdapat keaktifan belajar siswa pada materi mitigasi bencana alam di Jurusan IPS SMA N 1 Siak Hulu. Adapun besar pengaruhnya 37% sedangkan sisanya 63% dipengaruhnya faktor lain yang tidak termasuk dalam kajian dalam penelitian ini. Kata kunci: Pengaruh, Metode Buzz Group, dan Keaktifan Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:01
Last Modified: 25 Jul 2023 07:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74878

Actions (login required)

View Item View Item