INDAH PERMATA, - (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PELAJARAN IPA KELAS V SD BABUSSALAM PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
file lengkap kecuali hasilo penenltiian (abb iv).pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
file hasil penelitian (bab iv).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
INDAH PERMATA (2023) : PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PELAJARAN IPA KELAS V SD BABUSSALAM PEKANBARU Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Babussalam Pekanbaru tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 68 orang dan terbagi dalam 4 kelas. Sampel penelitian ini dipilih menggunakan teknik purpositive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Sementara data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik inferensial dengan teknik uji-t. Berdasarkan analisis data, terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan berpikir kritis antara siswa belajar melalui model pembelajaran project based learning dan siswa yang belajar melalui pembelajaran ekspositori dengan nilai t hitung sebesar 12,902 dan nilai ttabel dengan taraf signifikan 5% dan dk = 28, sebesar 1,701, dengan demikian maka thitung > ttabel. Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran project based learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Babussalam Pekanbaru. Kata kunci: Project Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 04:16 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 04:17 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74799 |
Actions (login required)
View Item |