EKA SALVIA WIDIANI, - (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN IPS DI MTs AL-MUTTAQIN PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (653kB) |
||
|
Text
SKRIPSI EKA SALVIA WIDIANI.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Eka Salvia Widiani, (2023): Implementasi Pembelajaran Kontekstual pada Pembelajaran IPS di MTs Al-Muttaqin Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran kontekstual pada pembelajaran IPS di MTs Al-Muttaqin Pekanbaru dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketidakberanian siswa dalam bertanya ketika belum memahami materi, hanya sebagian siswa yang merespon guru ketika diberi pertanyaan dan hasil belajar sebagian siswa belum mencapai KKM yang ditetapkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru IPS di MTs Al-Muttaqin Pekanbaru. Sedangkan sampel penelitian ini berjumlah 1 orang. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran kontekstual pada pembelajaran IPS di MTs Al-Muttaqin Pekanbaru tergolong cukup baik dengan skor sebesar 64,68% berada pada rentang 61%-75%. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran adalah faktor psikologis, sarana dan prasarana, paradigma pendidik, faktor sosial, kemampuan guru dalam mengajar, dan faktor kesiapan anak dalam belajar. Kata kunci : Implementasi, Pembelajaran Kontekstual, Pembelajaran IPS
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 08:14 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 08:14 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74754 |
Actions (login required)
View Item |