WULANSARI, - (2023) PENGARUH PENERAPAN TEORI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Wulansari, (2023): Pengaruh Penerapan Teori Pembelajara Konstruktivistik terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Negeri 4 Kampar Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa serta guru yang masih menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan teori pembelajaran konstruktivistik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Negeri 4 Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain penelitian yang digunakan non-equivalent control group. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X berjumlah 60 siswa dengan rincian 30 siswa X MIA sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa X IIS sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Tes dan Dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik t-test (Independent Sample t-Test). Hasil belajar siswa dengan hasil perhitungan uji-t, nilai t > t (6.850 > 2.042). Perhitungan nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka Ha diterima Ho ditolak. Kesimpulannya, terdapat perbedaan signifikan hasil belajar siswa antara penerapan teori pembelajaran konstruktivistik dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Negeri 4 Kampar. Hasil Mean skor kelas eksperimen 87, 73 sangat tinggi dari kelas kontrol 76,73. Kata Kunci: Teori Pembelajaran Konstruktivistik, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 07:27 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 07:27 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74733 |
Actions (login required)
View Item |