SRI WAHYUNI, - (2023) ANALISIS PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PEKANBARU. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.
|
Text
SKRIPSI SRI WAHYUNI KECUALI BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
(BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan proses pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pekanbaru. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini, antara lain penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran telah dilaksanakan rutin di setiap tahun ajaran baru. Pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan materi melalui tiga tahapan kegiatan, yaitu tahapan prainstruksional (pendahuluan/ kegiatan awal), tahapan instruksional (kegiatan inti), dan tahapan penilaian. Dalam tahap evaluasi dan tindak lanjut, guru memberikan tugas yang berkaitan dengan materi yang diajarkan. Dalam proses pembelajaran tidak semua siswa aktif baik dalam bertanya maupun mengemukakan ide-idenya. Authentic Assesment belum digunakan karena kendala waktu dan materi yang banyak. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Proses pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pekanbaru sudah berlangsung dengan baik. Sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran yakni perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi dan tindak lanjut. (2) Pembelajaran yang berpusat pada siswa (Student Centered Learning) sudah terlaksana tetapi hasilnya sesuai dengan yang diharapkan. (3) Pembelajaran sudah menggunakan pendekatan,strategi, metode dan media pembelajaran sesuai dengan materi yang ingin disampaikan di kelas.. (4) Pembelajaran berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Berdasarkan kesimpulan penelitian di atas, disampaikan saran sebagai berikut: (1) Guru perlu terus meningkatkan kreativitas, profesionalisme, dan kompetensinya dalam mendesain suatu pembelajaran serta menguasai ilmu dan teknologi sehingga pembelajaran yang berpusat pada siswa (Student Centered Learning) dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. (2) Hendaknya Authentic Assesment juga dilakukan dalam proses pembelajaran, agar pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching Learning) dapat terlaksana sesuai dengan yang diharapkan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-S2 |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 01:41 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 01:41 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74725 |
Actions (login required)
View Item |