Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

DIGITALISASI PROMOSI WISATA KAMPUNG SARIBU GONJONG DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

APRILIA, - (2023) DIGITALISASI PROMOSI WISATA KAMPUNG SARIBU GONJONG DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI APRILIA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (875kB)

Abstract

ABSTRAK Aprilia (2023) : Digitalisasi Promosi Wisata Kampung Saribu Gonjong Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi Syariah Penelitian ini dilatar belakangi oleh penurunan tingkat pendapatan masyarakat pada wisata Kampung Saribu Gonjong dalam beberapa tahun terakhir, dikarenakan belum optimalnya digitalisasi yang dilakukan dalam mempromosikan wisata tersebut. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah. Bagaimana digitalisasi promosi wisata Kampung Saribu Gonjong dalam meningkatkan pendapatan masyarakat. Apa saja faktor pendorong dan penghambat digitalisasi promosi wisata dan Bagaimana tinjauan ekonomi syariah tentang digitalisasi promosi wisata Kampung Saribu Gonjong. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui digitalisasi promosi wisata, faktor pendorong dan penghambat digitalisasi promosi wisata dan tinjauan ekonomi syariah tentang digitalisasi promosi wisata Kampung Saribu Gonjong. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan ( Filed Research) yang berlokasi di Nagari Koto Tinggi Kecamatan Gunuang Omeh Kabupaten Lima Puluh Kota. Informan (narasumber) penelitian adalah Ketua Kelompok Sadar Wisata sebagai Informan Kunci dan Informan Tambahan pengelola wisata Kampung Saribu Gonjong yang memiliki informasi mengenai objek penelitian tersebut. Dalam penelitian ini menentukan informan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dalam pengumpulan data yang dilakukan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, dalam menganalisis data peneliti menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah digitalisasi promosi wisata Kampung Saribu Gonjong dilakukan melalui promosi medial sosial seperti Instagram, Facebook dan Youtube namun belum diaplikasikan secara optimal. Terdapat beberapa faktor penghambat dalam digitalisasi wisata seperti keterbatasan sumber daya manusia. Adanya konflik internal yang terjadi dalam kelompok masyarakat. Tinjauan ekonomi syariah tentang digitalisasi promosi wisata seperti potensi keuntungan ekonomi dengan adanya digitalisasi wisata Kampung Saribu Gonjong dapat meningkatkan perekonomian masyarakat serta penggunaan aksesibilitas dan media promosi yang tepat akan meningkatkan jumlah pengunjung. Namun dalam tantangan etika digitalisasi wisata terdapat hal-hal yang tidak sesuai dengan prinsip syariah seperti promosi yang berlebihan atau informasi yang menyesatkan dan tidak sesuai dengan yang aslinya. Kata kunci : Digitalisasi Promosi, Sosial Media, Kampung Saribu Gonjong

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:39
Last Modified: 24 Jul 2023 07:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74716

Actions (login required)

View Item View Item