Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

DESAIN PEMBELAJARAN AQIDAH BERBASIS KISAH NABI IBRAHIM DAN NABI MUSA DALAM AL-QUR‟AN

ALQORI GUSTIANSYAH, - (2023) DESAIN PEMBELAJARAN AQIDAH BERBASIS KISAH NABI IBRAHIM DAN NABI MUSA DALAM AL-QUR‟AN. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Alqori Gustiansyah (2023) : Desain Pembelajaran Aqidah Berbasis Kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Musa dalam Al-Qur‟an Penelitian ini membahas tentang desain pembelajaran aqidah. Desain pembelajaran aqidah sangat menarik dikaji apabila langsung melalui kisah-kisah AlQur‟an. Pada proses pembelajaran aqidah yang efektif guru lebih diminta untuk mengembangkan kemampuannya dengan memfasilitasi murid agar terbiasa berpikir logis, sistematis, dan ilmiah. Maka hal ini dapat ditelaah melalui penafsiran kisah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Musa AS. Jenis penelitian yang digunakan yakni kepustakaan (libarary reseach). Pendekatan penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif. Dan sumber data yang menjadi rujukan adalah Al-Qur‟an dan kitab tafsir sebagai data primer dan buku-buku, karya ilmiah yang berkaitan tentang permasalahan. Desain pembelajaran aqidah dalam Kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Musa sebagai berikut : 1) Tujuan Pembelajaran : mengesakan Allah SWT (Tauhid), menghindari hal-hal yang dapat merusak aqidah, menjadi muslim yang taat dan patuh kepada Allah, menjadi teladan yang baik bagi yang lain. 2) Materi/isi pembelajaran : tauhid, hal-hal yang dapat merusak aqidah, ibadah dan tazkiyatunnufus, akhlak. 3) Pendekatan dan Metode Pembelajaran: (a) Pendekatan : pendekatan ilmiah (scientific approach), pendekatan kontekstual. (b) metode : hiwar jadali, „ibrah mau‟izah, rasional, intuitif, targib wa tarhib, amtsal. 4) Strategi Pembelajaran : strategi inkuiri. 5) Prinsip-Prinsip Pembelajaran : pembelajaran aqidah berorientasi kepada siswa (aktif), keterlibatan langsung (investigasi fenomena alam) dan pengalaman, berfikir rasional, mengkomunikasikan dengan cara persuasif. 6) Evaluasi Pembelajaran : pengetahuan terhadap tauhid (kognitif), sikap dalam memberikan kebenaran (afektif), keterampilan dalam memimpin (psikomotorik). Kata Kunci : Desain Pembelajaran Aqidah, Kisah Nabi Ibrahim, Kisah Nabi Musa

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:23
Last Modified: 24 Jul 2023 07:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74711

Actions (login required)

View Item View Item