Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS GAYA BELAJAR VAK (VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK) SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS X SMK NEGERI 1 SIAK

SERLY DIANA ANNUR RAFITA, - (2023) ANALISIS GAYA BELAJAR VAK (VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK) SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS X SMK NEGERI 1 SIAK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENNELTIIAN (BAB IV).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (690kB)

Abstract

SERLY DIANA ANNUR RAFITA (2023) : ANALISIS GAYA BELAJAR VAK (VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK) SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS X SMK NEGERI 1 SIAK Setiap siswa di kelas X SMK Negeri 1 Siak memiliki gaya dan cara belajarnya masing-masing dalam mempelajari materi pelajaran. Keragaman gaya belajar siswa tersebut memunculkan problematik yaitu, siswa kesulitan dalam mempelajari dan menguasai materi pelajaran. Untuk itu, identifikasi terhadap gaya belajar siswa dilakukan agar guru dapat menerapkan variasi metode pembelajaran yang sesuai dengan setiap gaya belajar siswa di kelas. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui gaya belajar siswa dengan tipe visual pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas X SMK Negeri 1 Siak. (2) Untuk mengetahui gaya belajar siswa dengan tipe auditori pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas X SMK Negeri 1 Siak. (3) Untuk mengetahui gaya belajar siswa dengan tipe kinestetik pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas X SMK Negeri 1 Siak. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket atau kuesioner, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Siak dengan subjek penelitian siswa kelas X berjumlah 61 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki gaya belajar visual lebih banyak menggunakan indera penglihatan, siswa bergaya belajar auditori memfokuskan pada indera pendengaran dalam mengingat sesuatu, dan siswa bergaya belajar kinestetik cenderung ketika belajar menyukai aktivitas yang banyak bergerak. Dari 61 siswa kelas X di SMK Negeri 1 Siak, siswa yang cenderung mempunyai gaya belajar visual berjumlah 15 siswa, siswa yang cenderung mempunyai gaya belajar auditori berjumlah 19 siswa, sedangkan siswa yang cenderung mempunyai gaya belajar kinestetik berjumlah 27 siswa. Dapat ditarik kesimpulan bahwa gaya belajar yang paling mendominasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia adalah gaya belajar kinestetik dengan jumlah 27 siswa. Dominannya siswa di SMK Negeri 1 Siak lebih menyukai pembelajaran yang bersifat praktik dibanding teori. Oleh karena itu, gaya belajar yang lebih dominan untuk siswa di SMK Negeri 1 Siak yaitu gaya belajar kinestetik, yakni belajar dengan cara mengalami langsung, mengerjakan, merasakan, dan melakukan sendiri, sehingga dengan cara tersebut siswa dapat memahami dan mengingat informasi yang diperoleh. Kata kunci: Gaya belajar, Visual, Auditori, Kinestetik, Pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Jul 2023 00:40
Last Modified: 24 Jul 2023 00:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74532

Actions (login required)

View Item View Item