Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMP/MTs

WITHA OKTAVIA, - (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMP/MTs. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI WITHA OKTAVIA.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Witha Oktavia, (2023): Pengaruh Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP/MTs Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat perbedaan kemampuan literasi matematis siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbasis etnomatematika dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan desain non equivalent posttest only group desain. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 02 Pekanbaru. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.5 sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII.3 sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Data rata-rata kemampuan literasi matematis kemudian dianalisis meggunakan uji-t untuk dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematis siswa setelah belajar menggunakan RME berbasis etnomatematika lebih baik. Sehingga, pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbasis etnomatematika berpengaruh positif terhadap kemampuan literasi matematis dan model RME berbasis etnomatematika dapat menjadi alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Kata Kunci: Etnomatematika, Kemampuan Literasi Matematis, Realistic Mathematics Education (RME), Segitiga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Jul 2023 07:59
Last Modified: 22 Jul 2023 07:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74345

Actions (login required)

View Item View Item